Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Email


Para peselancar dunia maya pasti sudah tidak asing lagi dengan E-Mail. Email mempunyai banyak fungsi dalam internet. Bagi kalian yang mempunyai akun facebook,instagram,bbm,dll pasti tidak lupa untuk mendaftar menggunakan email. E-mail kepanjangan dari Electronic Mail atau dalam bahasa indonesia berarti pesan elektronik. Menurut wikipedia pengertian email adalah :

Surat elektronik (akronim: ratel, ratron, surel, atau surat-e) atau pos elektronik (akronim: pos-el.) atau imel (bahasa Inggris: email) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet)..

Email merupakan bukti dari perkembangan teknologi yang sebelumnya pesan ditulis dikertas dan dikirim melalui kantor pos akan tetapi, sekarang tidak perlu untuk ke kantor pos untuk berkirim surat. Dengan menggunakan internet dan mendaftar anda sudah dapat berkirim surat tanpa harus membayar ataupun datang ke kantor pos, cukup dirumah dan mengetik pesan apa yang anda inginkan.

Jadi, bagaimana cara mendaftar atau membuat email? Mendaftar email mengingatkan saya beberapa tahun yang lalu tentang pelajaran TIK di Sekolah Dasar. Saya waktu itu mendapat tugas dari guru saya untuk membuat email dan menulis pesan lalu dikirimkan ke alamat email guru saya. Pada waktu itu saya tidak perlu pergi kewarnet, karena dirumah saya sudah disediakan komputer dan internet oleh ayah saya. Ayah saya mengenalkan komputer pada saat saya masih kecil kurang lebih saat saya masih kelas 2 SD. Itu adalah pengalaman saya untuk pertama kali saya berkenalan dengan email dan internet.

Penyedia layanan email ada banyak tetapi, saya hanya akan menyebutkan beberapa provider email yang sering digunakan. Dibawah adalah beberapa provider yang sering digunakan :
Saya akan memandu anda dalam membuat email. Saya menggunakan provider dari Gmail.

Masuk ke situs Gmail





Pertama anda masuk ke situs gmail terlebih dahulu, setelah itu akan muncul kotak seperti gambar di atas. Jika sudah, anda dapat klik More options. 

Setelah itu anda klik Create account.


1. Pada kolom tersebut anda dapat mengisikan nama depan anda.
2. Pada kolom tersebut anda dapat mengisikan nama belakang anda.
3. Kolom ke-tiga adalah username yang nantinya itu adalah alamat email anda. Anda dapat memasukan nama anda, jika username yang anda masukan sudah dipakai maka google akan menyarankan username yang lainnya.
4. Masukan password yang tidak diketahui orang lain. Tidak perlu susah - susah akan tetapi, yang mudah diingat saja.
5. Masukan password yang sama juga, sebenarnya kolom ini hanya untuk memverifikasi apakah password yang anda masukan sudah sama dengan password pada kolom sebelumnya.
6. Ini adalah tanggal lahir anda serta bulan dan tahun
7. Gender adalah jenis kelamin, anda dapat memilih jenis kelamin anda sendiri laki - laki atau perempuan.
8. Masukan nomor telpon anda, atau tidak di isi juga tidak papa.
9. Jika anda sudah mempunyai email, anda dapat memasukan email yang anda punya ke dalam kolom ini. Jika belum punya anda kosongkan saja.
10. Ini adalah lokasi negara anda, anda dapat isi dengan negara Indonesia.

Selanjutnya, apabila anda sudah mengisi form tersebut klik Next step.




Ini adalah peraturan dalam menggunakan akun email dari Gmail. Jika anda menyetujuinya dan bersedia, anda dapat menekan lingkaran bewarna biru hingga sampai bawah dan klik kotak bewarna biru bertuliskan I AGREE yang berarti anda menyetujuinya.

Jika anda sudah sampai sini, berarti email anda sudah jadi dan siap digunakan untuk berkirim surat. Setelah itu, anda dapat menekan tombol bewarna biru bertuliskan Continue to Gmail.


Pada step ini anda dapat menekan next > next hingga habis.



Pada step ini adalah step akhir, email sudah jadi dan siap digunakan. Untuk mengirim surat anda dapat menekan tombol bewarna merah bertuliskan Compose. 

Bagaimana? Mudahkan, membuat email memang sangatlah mudah dan cepat. Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat termasuk dalam berkirim surat yang sekarang sudah dipermudah dengan hadirnya Electronic Mail. Anda dapat menekan tombol share jika artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah membaca artikel saya.

Post a Comment for "Cara Membuat Email"