Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PC Anda Terkena Virus? Tak Perlu Panik. Cara Ampuh Mengusir Virus


Virus komputer pada dasarnya masuk dan menyelinap, lalu menginfeksi file - file dengan ekstensi tertentu yang menyebabkan komputer kita menjadi lemot dan mengunci aktivitas - aktivitas pada komputer. Saya pernah terkena virus Shortcut, pasti anda sudah tidak asing lagi dengan virus tersebut. Virus tersebut mengubah file - file kita menjadi shortcut, sehingga file - file seperti document,musik,lagu,dll tidak dapat dibuka.

Tidak hanya itu, virus komputer juga mempunyai jenis - jenis yang lain layaknya hewan, Ada yang sangat berbahaya sampai tidak begitu berbahaya. Lalu, bagaimana cara ampuh mengusir virus? Mari simak artikel yang sudah saya tulis.

Baca Juga : Apa Itu VPN?

Hapus Virus Dengan Anti Virus


Anda dapat menggunakan anti virus untuk menghapus serta mencegah terjadinya infeksi - infeksi pada file - file anda kembali. Jangan sampai file penting anda terinfeksi dengan virus, karena jika hal itu terjadi maka kemungkinan besar file anda akan di hapus permanent oleh anti virus. Selalu sediakan anti virus pada komputer anda serta update anti virus anda jika mendapat notifikasi untuk update anti virus. 

Melakukan Full Scanning pada komputer anda adalah cara terbaik jika terdapat virus pada komputer anda. Full Scanning yaitu anti virus akan memindai diseluruh direktori dan partisi - partisi pada komputer anda

Bersihkan Temporary File

Menghapus temporary files seperti cache juga dapat mencegah ataupun membunuh virus komputer. Temporary files dapat dijadikan sarang oleh virus - virus komputer. Anda dapat menggunakan aplikasi seperti CCleaner yang dapat menghapus temporary files secara menyeluruh.

Melakukan System Restore

Cara ini juga cukup optimal akan tetapi, fungsi dari system restore yaitu sesuai dengan namanya. System restore akan mengembalikan keadaan komputer anda seperti semula atau anda membuat restore point yang ketika anda melakukan system restore maka komputer anda akan dikembalikan ke restore point yang anda buat. 

Cara ini cukup optimal menurut saya, karena dapat menghapus seluruh virus - virus komputer. Tetapi, file - file yang anda unduh atau anda simpan pada komputer anda juga akan terhapus, karena system restore akan mengembalikan keadaan komputer anda seperti semula. Jadi, jika ingin melakukan cara ini harus dipikirkan terlebih dahulu, apalagi anda tidak membuat restore point.

Install Ulang OS

Cara ini adalah cara terakhir dan saya jamin virus anda hilang seketika. Install Ulang OS selain me-format partisi dan membuat partisi, dengan melakukan install ulang maka system operasi anda menjadi fresh kembali dan bersih dari virus. Tidak hanya itu, kinerja dari komputer anda juga akan lebih stabil dibanding sebelum dilakukan install ulang. Install ulang yaitu me-format drive C atau letak system utama berada, selanjutnya dipasang kembali system utama tersebut pada drive C atau drive tempat system utama.

Nah, diatas adalah beberapa cara yang saya gunakan untuk mengatasi virus yang mulai menjangkit atau bahkan sudah menginfeksi file - file. Jika keadaan sudah parah maka saya mengambil langkan untuk install ulang komputer saya dengan OS yang sama. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda, anda dapat membagikan artikel ini dengan tombol share di bawah agar teman - teman anda juga mendapat manfaat dari artikel ini. Terima kasih.

Post a Comment for "PC Anda Terkena Virus? Tak Perlu Panik. Cara Ampuh Mengusir Virus"