Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Kesehatan Harddisk


Cara Cek Kesehatan Harddisk - Harddisk berperan sebagai penyimpanan internal yang bersifat non-volatile atau penyimpanan yang bersifat permanent. Pasti anda juga sudah tau dengan komponen yang satu ini, anda menyimpan file - file berbentuk audio,video,ataupun dokumen tersimpan pada komponen yang satu ini.


Kapasitas dari harddisk pun bermacam - macam, mulai dari 80GB,160GB,360GB hingga 1 TB. Tidak hanya itu, generasi dari penyimpanan internalpun sekarang sudah maju yang tadinya menggunakan magnetic disk atau piringan sekarang menggunakan chip untuk menyimpan file ataupun data secara permanent.

Akan tetapi, kita tidak membahas tentang perkembangan harddisk ataupun sejarah harddisk. Kita akan membahas tentang kesehatan harddisk. 

Banyak orang menganggap ini masalah sepele, akan tetapi efeknya sangat besar pada file - file yang terdapat pada harddisk apabila kesehatan harddisk tidak diperhatikan. Dari file - file tidak dapat dibuka hingga file - file yang terdapat pada harddisk corrupt atau tidak dapat dibuka.

Lalu, Bagaimana Cara Cek Kesehatan Harddisk?

Ada banyak cara cek kesehatan harddisk, dari menggunakan fitur - fitur dari sistem operasi windows sampai menggunakan software yang khusus untuk menge-cek kesehatan harddisk anda. Saya akan berikan cara cek kesehatan harddisk.

Cek kesehatan harddisk melalui CMD (Command Prompt)

Melalui CMD ternyata dapat menge-cek kondisi harddisk yang anda gunakan. Anda dapat membuka CMD melalui Menu Start ataupun Melalui RUN dengan menekan tombol Windows + R maka nanti akan muncul kotak RUN seperti dibawah.


Nah, jika sudah muncul kotak RUN maka langkah selanjutnya anda ketik "cmd" pada kotak RUN lalu klik OK. Pasti nanti akan muncul Command Prompt, selanjutnya anda ketikkan wmic diskdrive get status.


Lalu enter, jika hasil dari cek tersebut OK maka harddisk anda dalam keadaan baik - baik saja.

Cek Kesehatan Harddisk Menggunakan HDD Sentinel

Nah, untuk yang satu ini anda dapat menggunakan software untuk cek kondisi harddisk anda. Anda dapat mengunduh software HDD Sentinel di situs resmi lalu membelinya untuk full version atau anda dapat menggunakan mode trial.


Software ini akan menampilkan secara detail kondisi harddisk anda, dari temperature harddisk anda, peforma harddisk anda, serta kondisi harddisk anda. Apabila kondisi harddisk anda tidak baik, maka anda dapat segera backup data - data anda agar tidak mengalami hal - hal yang tidak anda inginkan.

Nah, kedua tips di atas adalah cara cek kesehatan harddisk anda. Anda dapat melihat persentase atau notifikasi dari software yang ditampilkan. Apabila kondisi harddisk anda tidak memungkinkan untuk digunakan lagi, segera backup data anda lalu ganti harddisk anda dengan yang baru atau upgrade ke SSD agar peforma lebih tinggi.

Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan saya. Anda dapat membagikan artikel ini melalui tombol share di bawah kepada teman - teman anda, agar teman - teman anda juga mendapat manfaat dari artikel ini. 

Post a Comment for "Cara Cek Kesehatan Harddisk"